Monday, September 19, 2011

HellaFlush, Gaya Mobil Amblas dengan Pelek Keluar

 HellaFlush, Gaya Mobil Amblas dengan Pelek Keluar 













Gaya Modifikasi yang satu ini, sedang banyak diperbincangkan disana-sini. Mulai di bengkel hingga di berbagai forum maupun milis. SO juga ikut "kecipratan" trend baru yang nampaknya mendapat sambutan yang cukup baik di kalangan modifikator tanah air. Mengapa trend Modifikasi HellaFlush begitu besar mendapat sambutan dari kalangan tuner?Jika diperhatikan, gaya HellaFlush tidak terlalu neko-neko, hal ini jelas bisa di "mainkan" untuk kendaraan daily use, namun yang jika SO'mers mau extrime, HellaFlush turut memberikan pengaruh yang luar biasa. Untuk gaya, kami serahkan pilihannya ke SO'mers.


Latar belakang HellaFlush :
HellaFlush berawal dari anak muda di Amrik yang suka Modifikasi gaya ceper, hingga banyak mobil gaya Modifikasi dengan style roda amblas. sekitar tahun 2003, kata "HellaFlush" mulai disebarluaskan. Aliran Modifikasi ini, mendewakan pelek keluar alias lebih menonjol dari body mobil (offset pelek keluar). suatu hari, salah seorang penggemar mobil ceper berteriak, "Dude, that S**T's HellaFlush" (Flush like Hell - Flush Parah). Maka makin seringnya, anak muda Amrik menyebut Hell-Flush, jadilah kata "HellaFlush". Jika ditilik, gaya modifikasinya banyak terinspirasi dari VIP Jepang dan Euro style, tapi kata "HellaFlush" menjadikan aliran Modifikasi ini memiliki selera tersendiri.

Gaya HellaFlush bisa diapilikasikan dengan gaya berbeda-beda :

1. Flush: Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak membuatnya terlihat "amblas" (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa disebut "Daily Drivers". Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.

2. Mexi: Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga "nongol" jauh dari fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi, cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke dibikin gaya ini.  Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai pencinta Low Rider di USA asal "MEXICAN", ehm apakah bener?


3. Tucked: Terlihat "Nyelup" abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil VIP dan mobil  yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya HellaFlush model yang satu ini.



4. Hella Flush: Offset pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.

Catatan :
Gaya "HellaFlush" amat riskan bila SO'mers tidak menggunakan komponen (part) yang berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga gaya tidak membuat malapetaka.




sumber : situsotomotif.com

1 comment: